Pilih Komputer PC Siap Pakai Atau Rakitan?

Komputer PC adalah jenis komputer klasik dan masih menggunakan CPU. Namun meskipun klasik komputer jenis ini saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan semakin rampingnya desain komputer ini. Jika pada dahulu rata-rata komputer stand ini menggunakan monitor tabung, saat ini komputer ini sudah menggunakan LCD sebagai layarnya. Processor yang digunakan juga ikut berkembang sehingga tidak lamban saat dioperasikan.

Apakah Anda berencana untuk membeli komputer ini dalam waktu dekat? Jika iya, pastinya Anda akan mempertimbangkan apakah membeli yang sudah jadi ataukah membeli komponennya dan merakit sendiri. Sebenarnya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini ada ulasan mengenai kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda bisa bandingkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi ke toko komputer.


Komputer PC siap pakai

Membeli komputer siap pakai mungkin ide yang bagus karena sampai dirumah Anda bisa langsung memakainya. Selain itu masih ada beberapa kelebihan lain dari komputer siap pakai ini, antara lain:

- Tak perlu membeli komponen satu persatu
- Tak perlu repot membuka tutup casing untuk memasang komponen.
- Tidak membuang banyak waktu untuk merakit komputer.

Namun selain kelebihan-kelebihan diatas, membeli komputer siap pakai juga memiliki kekurangan diantaranya:

- Tidak bisa menyesuaikan spesifikasi sesuai dengan keinginan karena sudah dirakit dari pabrik.
- Biasanya harganya tidak sesuai dengan spesifikasi. Ada yang dibanderol dengan harga tinggi namun spesifikasinya biasa saja.
- Sangat repot pada saat ingin membawanya pulang karena CPU sudah terakit dan dijual menjadi satu dengan layar beserta keyboard.

Biasanya komputer siap pakai ini lebih dipilih oleh karyawan kantoran atau instansi-instansi pemerintah karena dinilai lebih praktis.

Komputer rakitan

Selain komputer siap pakai, di pasaran juga dijual komputer rakitan. Tentu saja saat membeli komputer rakitan ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya antara lain:

- Spesifikasi bisa disesuaikan dengan selera diri sendiri.
- Bisa memperoleh harga lebih murah karena tiap komponen dibeli secara terpisah.
- Bisa memilih casing dengan desain sesuai selera.

Sedangkan kekurangan membeli komputer rakitan antara lain:

- Memerlukan waktu khusus untuk merakitnya.
- Jika pemasangan tidak sesuai, komputer tida bisa bekerja dengan baik.
- Harus memiliki keahlian ilmu merakit komputer terlebih dahulu.

Komputer rakitan ini lebih dipilih oleh pengguna yang sifatnya mengkomersilkan misalnya pemilik warnet. Selain itu orang yang suka bermain game biasanya juga lebih memilih untuk merakit sendiri komputer mereka.

Memilih komputer pc siap pakai atau rakitan tentunya terserah pada diri Anda. Tetapi jangan lupa saat membeli harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Selain itu pilihlah komputer yang memiliki daya listrik rendah sehingga tidak membuat tahihan listrik membengkak. Sekarang sudah tahu bukan kelebihan dan kekurangan keduanya? Demikianlah informasi ini dan semoga bermanfaat.

Disqus Comments