Trik Komputer Hang Agar Bisa Nyala Kembali

Sering kali tentunya diantara Anda yang mengalami masalah pada produk teknologi yang digunakan, mengingat tak bisa dipungkiri secanggih apapun gadgetnya pasti memiliki kelemahan, mulai dari bagian hardware hingga softwarenya. Namun patut juga untuk diketahui bahwa tak semua kerusakan itu harus Anda bawa ke tempat service. Bahkan jika Anda membaca petunjuk yang ada pada buku panduan komputer, akan dengan mudah menemukan beberapa trik komputer yang dapat digunakan untuk memperbaiki.

Karena pada dasarnya keberadaan dari buku tersebut memang sangatlah bermanfaat, ia dapat memperbaiki kerusakan bahkan hingga 60%. Tentunya jauh lebih hemat bukan dibandingkan membawanya ke tempat service. Hanya saja tak jarang beberapa orang yang lebih senang praktis, karena takut kerusakan semakin bertambah parah maka perbaikan dipercayakan kepada orang-orang yang sudah ahli di bidangnya tersebut.


Trik komputer yang paling umum dan mudah untuk dilakukan adalah mengatasi komputer yang hang. Rata-rata diantara Anda tentunya pernah mengalami hal ini bukan. Ketika tengah membuka sebuah program tiba-tiba loading lama bahkan memunculkan tulisan not responding. Tentunya sangat mengesalkan, apalagi ketika Anda tengah mengerjakan laporan penting. Sebenarnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan komputer Anda menjadi hang, diantaranya adalah:

1. Terinfeksi virus, tak hanya manusia saja, pada dasarnya teknologi juga memiliki kelemahan pada software-software tertentu. Ia dikenal dengan istilah virus, sebuah program yang memang dirancang untuk merusak sistem yang ada dalam komputer. Pada awalnya mungkin hanya perangkat saja yang sering hang, namun lama kelamaan bagian dalam juga bermasalah.

2. Aplikasi yang terinstal kurang sempurna, tentunya tak jarang diantara Anda yang mengalami gangguan ketika tengah menginstal sebuah program baru. Hal ini menjadikan program tersebut sebagai sumber komputer yang hang ketika Anda ingin membukanya kembali.

3. RAM mulai penuh, RAM merupakan memory yang umumnya diisi dengan aplikasi juga software-software penting sebuah komputer. Saat isinya terlalu penuh maka komputer Anda semakin lemot saat digunakan.

4. Resolusi layar, biasanya mengambil video dalam ukuran yang terlalu besar akan menyebabkan resolusi layar komputer Anda tak stabil. Biasanya pada saat dibuka gambar justru akan pecah, suara tak seimbang dengan video bahkan mengalami hang.

5. Kipas bermasalah, fan yang ada dalam komputer turut mempengaruhi kinerja gadget Anda. Ketika ia tak berputar dengan maksimal karena kotor atau juga rusak, otomatis laptop juga tak memiliki program pendinginan otomatis, sehingga saat pasanya berlebih atau overhead ia akan langsung mati.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?, berikut ini langkah yang dapat Anda gunakan:

1. Sebaiknya install aplikasi antivirus yang cocok untuk komputer tersebut, jangan lupa juga untuk selalu mengupgradenya agar bekerja secara maksimal.

2. Pastikan untuk menghapus program-program tak penting yang ada dalam komputer Anda. Aplikasi yang sudah tak digunakan uninstall, penting juga mencari memory cadangan lainnya jika ingin menyimpan video atau gambar dalam jumlah besar, agar kinerja komputer tak terlalu berat.

3. Pastikan untuk selalu membersihkan kipas laptop, apalagi setelah bertahun-tahun. Ia dapat Anda buka dan bersihkan sendiri atau percayakan ke tempat service, umumnya biaya bersihkan kipas tak lebih dari 100 ribu rupiah.

Itulah trik komputer sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hang, jangan sepelekan gejala ini karena ia dapat mengindikasikan kerusakan yang lebih parah. Untuk itu segera diagnosa penyebabnya.

Related Posts
Disqus Comments