Fokus RGE Dalam Mengelola Lahan dan Mengurangi Kebakaran

Selain memikirkan strategi memperoleh pencapaian target, dalam pelaksanaan bisnisnya, perusahaan manufaktur yang sudah berkembang besar seperti RGE juga peduli terhadap keberlanjutan lingkungan dan kelestarian alam.

RGE melakukan penanaman di lahan yang mengalami penurunan agar lahan tersebut kembali subur dan berguna. Selain itu, untuk pencegahan kebakaran, RGE juga melakukan pengamatan, kemudian workshop untuk bekerjasama dengan penduduk sekitar area konsesi dalam mencegah kebakaran seperti yang terjadi beberapa tahun belakangan.

Sutanto Tanoto, dalam suatu kesempatan membagikan pelajaran berharga dalam mengelola lahan. Dalam hal mencegah terjadinya kebakaran, perusahaannya April Group dan Asian Agri memiliki kebijakan. Selain itu, perusahaannya memanfaatkan teknologi canggih. Tidak hanya itu, ia tahu betul perlunya keterlibatan masyarakat setempat dan para petani, misalnya ia memberi mereka fasilitas agar tidak perlu melakukan pembakaran untuk membersihkan lahan.

Dalam sebuah diskusi panel World Economic Forum (WEF) yang dimoderatori Perdana Menteri Selandia Baru, Helen Clark, ia membagikan metode yang berhasil diterapkan April Group dalam meningkatkan pengolahan lahan.

Metode pendekatan yang ia sampaikan ini yaitu pendekatan yang ditopang oleh komitmen yang secara holistik mengatasi segala masalah, yaitu ekonomi,  lingkungan, masyarakat, negara dan bisnis. Perusahaan dalam hal ini memahami adanya saling tergantung satu sama lain, dalam memberi kontribusi pada pengelolaan lahan. Untuk itu diperlukan tindakan pro-aktif untuk mencegah kebakaran.
Masyarakat.

Sukanto mengatakan, bahwa masyarakat adalah domain penting dan memerlukan perhatian. Sejak mendirikan perusahaan pulp dan kertas di Riau, RGE telah bekerjasama dengan masyarakat sekitar dan memberdayakan mereka agar mandiri. Fokus perusahaan pada pendidikan, pengembangan ketrampilan dan menumbuhkan UKM telah menunjukkan manfaat yang secara signifikan dirasakan oleh penduduk sekitar RGE.

Lingkungan Hidup

April Group, perusahaan bagian dari RGE berkomitmen dengan sungguh-sungguh, untuk melindungi lahan dari deforestasi.

Negara

Perusahaan RGE selaras dengan agenda nasional dalam hal pengentasan kemiskinan, pembangunan infrastruktur, pembangunan berkelanjutan dan program-program efisiensi dan urgensi bisnis. Dalam berbagai aspek seperti sosial, ekonomi dan budaya masyarakat, perusahaan bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Dengan penanganan secara holistik, RGE telah membuktikan bahwa perusahaan dapat memajukan pengelolaan lahan dengan signifikan dan menyelesaikan masalah kabut asap yang mencemari udara. Dalam hal ini memang diperlukan upaya yang berkesinambungan.

Profile Sukanto Tanoto

Related Posts
Disqus Comments