Tips Traveling Untuk Penyandang Disabilitas

Traveling adalah kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Baik itu anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, pria, dan wanita semua berhak jadi traveller selama mereka memang mampu melakukannya. Lalu, bagaimana dengan orang-orang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas? Jawabannya sama saja. Mereka juga bisa traveling untuk menghabiskan waktu luang. Jadi kalau kamu termasuk orang berkubutuhan khusus atau memiliki teman maupun keluarga yang menyandang disablitas, tidak perlu ragu memesan tiket pesawat murah untuk traveling ke destinasi yang menarik.

Tapi apakah traveling tidak berbahaya jika dilakukan oleh penyandang disabilitas? Jawabannya tergantung dari bagaimana persiapan dan apa yang dilakukan selama traveling. Maka dari itu, demi menghindari resiko dan meningkatkan kenyamanan penyandang disabilitas saat traveling, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Pilihlah Destinasi yang Ramah Disabilitas

Tidak semua destinasi wisata yang menarik cocok untuk disabilitas. Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah destinasi yang ingin dikunjungi itu ramah untuk orang berkebutuhan khusus atau tidak. Indikatornya bisa dilihat dari fasilitas khusus yang tersedia di sana hingga lokasinya yang mudah untuk dicapai.

Namun sebenarnya, penyandang disabilitas bisa saja pergi ke tempat yang bisa dikatakan cukup berbahaya seperti puncak gunung. Hal ini pernah dilakukan oleh beberapa penyandang disabilitas seperti Sabar Gorky, seorang penyandang tunadaksa yang berhasil mencapai beberapa puncak tertinggi di dunia. Namun untuk pergi ke destinasi yang berbahaya seperti ini, dibutuhkan persiapan khusus dan keyakinan yang tinggi agar terhindar dari bahaya.

Berkoordinasi Dengan Petugas Maskapai atau Bandara

Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat traveling menggunakan pesawat, sebaiknya lakukan koordinasi dengan petugas maskapai dan bandara sejak Check-in. Beritahu mereka kondisi yang dialami dan tanyakan kepada mereka fasilitas seperti apa yang bisa didapat dari maskapai atau bandara bagi penyandang disabilitas. Bila perlu, penyandang disabilitas juga bisa meminta pendampingan dari petugas setempat. Lalu, pastikan selalu memerhatikan instruksi keselamatan yang diberikan oleh petugas. Kenali pula fitur-fitur yang bisa digunakan di dalam pesawat dan cara memanggil awak kabin saat memerlukan bantuan. Tidak perlu sungkan untuk melakukan itu karena semua hal tersebut berguna untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat perjalanan.

Bawa Pendamping

Meskipun bukan suatu keharusan, tidak ada salahnya untuk mengajak pendamping yang dirasa dapat membuat nyaman saat pergi traveling. Mereka dapat membantu memberikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan serta bisa jadi penolong pertama saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, para pendamping ini pun bisa menambah kesan yang menyenangkan saat perjalanan, karena traveling tidak melulu soal kemana tempat yang dituju, tapi juga tentang dengan siapa kita melakukannya.

Baca juga:
Tempat wisata di bandung yang wajib di kunjungi
Surfing dengan Ombak Terbaik di Pantai Indonesia yang Akan Memanjakan Anda

Selalu Bawa Alat Bantu

Alat bantu sangat dibutuhkan dan jangan sampai tertinggal di suatu tempat. Untuk itu, jadikan alat ini sebagai barang berharga seperti halnya dompet dan smartphone agar mendapat perhatian lebih sehingga tidak pernah tertinggal di suatu tempat. Jika memungkinkan, bawalah alat bantu cadangan jika di tengah perjalanan terjadi kerusakan pada alat bantu utama.

Pahami Hak-Hak Istimewa Bagi Penyandang Disabilitas

Sudah jadi sebuah keharusan bahwa setiap daerah harus menyediakan hak istimewa bagi penyandang disabilitas. Hal ini memiliki tujuan baik agar penyandang disabilitas bisa merasakan kenyamanan dan kenyamanan saat diperjalanan. Maka dari itu, pahami hak-hak istimewa apa saja yang bisa diperoleh agar bisa dengan lebih leluasa menggunakannya.

Berkonsultasi Dengan Dokter

Sebelum melakukan perjalanan, tidak ada salahnya untuk konsultasi bersama dokter terkait terlebih dahulu, khususnya jika perjalanan ini jadi yang pertama kali dilakukan. Dengan berkonsultasi dengan dokter, dapat diketahui hal apa saja yang sangat dibutuhkan, hal yang boleh dan sebaiknya tidak dilakukan, serta informasi pentingnya terkait kesehatan selama traveling.

Rajin Berkomunikasi Dengan Orang Di Rumah

Sebaiknya, beritahu orang-orang di rumah tentang lokasi terakhir yang dikunjungi, hal apa saja yang sedang dilakukan, hingga bagaimana kondisi terakhir. Hal ini bukan bertujuan untuk menghambat atau membatasi gerak selama traveling. Tapi agar penyandang disabilitas dan orang-orang di rumah yang sedang ditinggal sementara waktu bisa sama-sama merasa nyaman.

Jangan Ragu

Setelah memiliki keinginan untuk untuk traveling, tidak perlu ragu untuk segera cari tiket pesawat murah sesuai destinasi yang ingin dituju agar bisa mendapatkan promo tiket pesawat terbaru. Yakinkan diri kalau traveling tetap bisa dilakukan meski dalam kondisi yang kurang baik seperti yang pernah dilakukan Sabar Gorki. Jika ada yang meremehkan, jangan anggap itu sebagai sebuah penghinaan, tapi jadikan sebagai motivasi.

Lalu, kunjungi reservasi.com untuk melakukan pemesanan tiket pesawat murah dengan penawaran harga terbaik. Di reservasi.com, ada banyak promo tiket pesawat terbaru ke berbagai destinasi menarik baik di dalam atau luar negeri.

Disqus Comments